Reinterpretation

Reintepretation.002Seperti sudah dibahas sebelumnya, norma yang cenderung berlaku adalah: Activity & Output merupakan barometer kesuksesan. Namun sebagaimana norma yang lainnya, setiap orang dapat saja melakukan interpretasi ulang akan norma yang ada. Interpretasi ulang merupakan cikal bakal pertumbuhan dan inovasi.

Pemicu dari interpretasi ulang ini bisa bermacam-macam. Tapi apapun itu, bisa disimpulkan dalam satu kalimat: hadirnya KESADARAN. Ketika kita sadar, disadarkan, atau ingin sadar tentang kita itu siapa, maka kita mulai mendefinisikan ulang hal yang harus kita lakukan (Activity) dan hal yang harus kita hasilkan (Output).

Dengan hadirnya kesadaran, kita merasa bahwa aktivitas akan dinikmati jika kita menyukainya – INTEREST, dan hasil akan jauh memberi semangat jika dampaknya besar – IMPACT. Karenanya, kedua hal ini – Interest & Impact – bagi sebagian orang, merupakan barometer kesuksesan yang ‘baru’, yang membuat mereka #Nyala!. Bayangkan, kita melakukan aktifitas yang kita suka, dan hasilnya memberikan dampak positif.

Tidak semua kegiatan kita merupakan hal yang kita suka, dan tidak semua yang dihasilkan memberikan dampak. Di dalam diri kita, akan terjadi ‘creative tension’, tarik menarik antara Interest dan Activity, dan tarik menarik antara Impact dan Output.

Coba di-RASA-kan:
Apa yang membuat kita lebih sering memilih Activity dibandingkan Interest? Apa yang membuat kita lebih sering memilih Output dibandingkan Impact?

Colek saya di @ivandeva dengan #Nyala!
Tulisan ini merupakan bagian dari serial tulisan #Nyala yang dimulai dari sini.
Artikel senada juga tampil di http://www.impact-factory.com

2 thoughts on “Reinterpretation

  1. Hello Mas Ivan. I like your new article posting method. Short and simple yet meaningful, allowing me to understand easily in a short time. Also the rather “hanging” ending of every short article makes me curious to read the next post. Keep itu up, thank you.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s